Kode transfer BRI ke BNI lengkap dengan kode transfer BNI ke BRI di 2021

Kode transfer BRI ke BNI

Walaupun terkesan sepele, ternyata memasukkan kode bank yang tepat dapat mempengaruhi berhasil tidaknya transaksi yang Anda lakukan. Jika Anda melakukan transfer antar bank, maka kode transfer menjadi hal sensitif yang harus diperhatikan. Misalnya, kode transfer BRI ke BNI yang benar bisa membuat proses transfer uang ke bank tujuan menjadi lebih lancar. Proses transaksi pun sudah pasti akan berlangsung cepat. Sebaliknya, kesalahan input kode BRI ke BNI juga bisa berdampak pada permintaan transfer yang ditolak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi mengenai kode bank BRI ke BNI 2021 yang perlu untuk Anda ketahui. 

Manfaat Kode Transfer BRI ke BNI

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa masing-masing bank memiliki kode transfer tersendiri. Kode transfer tersebut umumnya terdiri dari 3 digit nomor yang harus dimasukkan saat akan melakukan kegiatan transfer. Kode ini tidak dibutuhkan jika Anda melakukan transfer dana dari bank yang sama. Lain halnya, jika Anda ingin mentransfer uang dari rekening BRI ke BNI. Maka, Anda perlu untuk mengetahui kode transfer BRI ke BNI. Kode transfer tersebut memiliki fungsi untuk membantu mengidentifikasi tujuan dari transfer dana yang dilakukan. Adanya kode ini juga membantu mempermudah komunikasi antar bank. Sehingga, potensi terjadinya kesalahan transfer uang juga bisa diminimalisir. Tidak hanya transfer dari BRI ke BNI saja, Anda juga wajib mengetahui kode BNI ke BRI seandainya Anda akan melakukan transfer uang ke rekening BRI dari rekening bank BNI.

Cara Transfer Uang dengan Menggunakan Kode Transfer BRI ke BNI

Seperti yang sudah ditegaskan sebelumnya, memasukkan kode transfer BRI ke BNI sangatlah dibutuhkan untuk membantu memperlancar proses transaksi. Namun, tidak semua orang bisa menghafal kode bank BRI ke BNI, maupun kode bank BNI ke BRI. Untungnya, Anda bisa mendapatkan kode transfer tersebut dengan melakukan cara berikut ini:

  1. Pertama-tama, datangi gerai ATM BRI yang berada paling dekat dari rumah Anda. Anda juga bisa mengunjungi minimarket yang memiliki mesin ATM untuk bank BRI
  2. Sesampainya Anda di gerai ATM, masukkan kartu ATM BRI Anda. Pastikan posisi kartu sebelum dimasukkan sudah tepat
  3. Selanjutnya, pilih bahasa yang sesuai dengan kenyamanan Anda selama bertransaksi. Di ATM BRI maupun ATM bank manapun di negeri ini, tersedia 2 bahasa yang bisa dipilih yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  4. Lanjutkan dengan memasukkan 6 digit PIN ATM. Pastikan bahwa Anda sudah memasukkan kombinasi angka yang tepat. Karena, kesalahan dalam memasukkan pin ATM sebanyak 3 kali dapat mengakibatkan kartu ATM Anda terblokir. Jika hal tersebut terjadi, Anda jadi tidak bisa melakukan transfer dan harus mengurus pemblokiran kartu ATM tersebut di bank BRI
  5. Apabila kombinasi PIN yang dimasukkan sudah tepat, Anda akan langsung dihadapkan dengan sejumlah menu transaksi. Klik opsi “Transfer” dan pilih menu “Transaksi lainnya”. Langkah selanjutnya adalah memilih menu “Transfer Antar Bank Online”
  6. Masukkan nomor rekening tujuan, yaitu rekening BNI. Namun, sebelum memasukkan digit rekening, Anda harus memasukkan kode transfer BRI ke BNI yaitu kode 009. Barulah, setelah itu Anda bisa memasukkan kode rekening. Setelah memastikan kombinasi kode transfer dan rekening sudah tepat, klik opsi “Benar”
  7. Pada laman konfirmasi, pastikan semua informasi yang tertera sudah tepat. Informasi tersebut meliputi nama penerima, rekening tujuan, dan nominal uang tunai yang akan ditransfer. Setelah semuanya sudah sesuai, barulah klik menu “Ya”
  8. Berikan waktu sejenak hingga mesin ATM selesai memproses permintaan Anda. Notifikasi bahwa transfer tersebut sukses akan langsung muncul di layar diikuti dengan slot print mesin ATM tersebut mengeluarkan struk bukti transaksi. Foto dan simpan struk tersebut sebagai bukti
  9. Setelah transaksi selesai, jangan lupa untuk mengambil kartu ATM Anda dari slot ATM. 

Demikianlah cara mengetahui kode transfer BRI ke BNI. Sebaliknya, cara transfer BNI ke BRI pun tidak jauh berbeda. Biaya administrasi sebesar Rp 6.500 akan dibebankan pada Anda sebagai biaya admin pembayaran antar bank. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.