Perencaan keuangan keluarga dan keuangan pribadi dan perusahaan dengan contoh tabel perenecaan keuangan di 2021

Perencanaan Keuangan

Pernahkah Anda merasa frustrasi dengan gaji yang mendadak hilang begitu saja. Padahal, Anda baru saja mendapatkan uang hasil jerih payah bekerja selama sebulan penuh. Itulah alasan mengapa financial planning atau perencanaan keuangan sangatlah penting. Dengan menyusun rencana keuangan, Anda akan lebih mudah dalam melacak dan merencanakan pengeluaran. Sehingga kebiasaan hidup lebih besar pasak daripada tiang pun bisa dihindari. Merencanakan keuangan di tahun 2021 bisa menjadi sangat menantang. Terlebih lagi, dengan semakin mahalnya produk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi sesuatu yang mustahil. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui sebelum menyusun rencana keuangan. 

Apakah Itu Perencanaan Keuangan

Jadi, apakah yang disebut dengan perencanaan keuangan? Secara singkat, perencanaan keuangan adalah sebuah strategi pengaturan dana pribadi yang diimplementasikan secara terencana. Tidak hanya untuk keperluan pribadi saja, banyak perusahaan juga melakukan perencanaan keuangan perusahaan untuk mengatur aliran uang yang masuk dan keluar untuk keperluan operasional perusahaan tersebut. Dalam perencanaan keuangan pribadi, maka hal yang dipertimbangkan merupakan pemasukan bulanan yang masuk dan pengeluaran serta estimasi dana darurat yang harus dipersiapkan. Penyusunan perencanaan uang ini biasanya diwujudkan dengan cara yang sangat sederhana. Sehingga, Anda sebagai pelaku pun akan mendapatkan gambaran dan batasan finansial yang jelas. Dalam menyusun rencana untuk keuangan ini, tentunya Anda harus menjadikan keseimbangan antara pengeluaran dan kekurangan sebagai tujuan. 

Apakah Manfaat Perencanaan Keuangan

Untuk apa melakukan perencanaan keuangan bulanan? Yang jelas, perencanaan tersebut tidak akan sia-sia. Ada banyak manfaat dari merencanakan keuangan Anda secara seksama. Simak ulasan berikut ini:

  1. Terhindar dari Kecemasan

Salah satu hal yang sering menjadi batu sandungan di dalam rumah tangga adalah munculnya kecemasan akibat kondisi finansial. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan mengaplikasikan perencanaan keuangan keluarga yang teliti. Anda bahkan bisa menemukan contoh tabel perencanaan keuangan keluarga untuk mempermudah dalam menyusun rencana keuangan. Dengan adanya perencanaan keuangan, Anda akan mengetahui lebih jelas seberapa besar pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap bulan. Perlu tidaknya Anda membuka usaha tambahan untuk menambah pundi-pundi uang juga bisa dilakukan dengan menyusun rencana keuangan. Keuangan yang jelas tentunya dapat memberikan ketentraman di dalam rumah tangga Anda.

2. Dapat Menciptakan Aset

Semakin banyak orang yang menyadari bahwa uang yang Anda tabung tidak akan membuat Anda mapan. Sebaliknya, uang tersebut harus dialirkan dalam bentuk lain dengan nilai yang lebih tinggi. Salah satunya adalah dengan menciptakan aset. Aset bisa mengambil bentuk berupa tanah maupun bangunan. Dengan adanya aset, tentunya masa depan Anda akan lebih terjamin. Namun, proses menciptakan aset juga membutuhkan perencanaan yang matang. Jangan sampai Anda jadi terlilit hutang yang mengakibatkan Anda tidak dapat memetik buah manis dari aset tersebut karena sibuk membayar hutang yang ada. Untungnya, resiko tersebut bisa teratasi dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang.

3. Membuka Peluang untuk Investasi

Perencanaan keuangan yang baik juga dapat membantu membuka peluang Anda untuk berinvestasi. Investasi yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat adalah investasi emas. Walaupun terlihat menggiurkan, investasi tanpa perencanaan finansial yang baik justru dapat menjadi senjata makan tuan. Jangan sampai Anda merugi saat berinvestasi karena merencanakan keuangan yang ternyata kurang matang. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan pakar keuangan untuk menemukan jenis perencanaan finansial yang tepat bagi Anda.

Tips Perencanaan Keuangan yang Baik

Ingin tahu cara merencanakan keuangan yang tepat? Salah satu tips perencanaan keuangan yang baik adalah dengan membuat pembukuan. Pembukuan tersebut berisi detail pemasukan dan pengeluaran yang lebih rinci. Lewat pembukuan tersebut, tentunya Anda dapat lebih memahami aliran uang atau money flow yang terjadi setiap bulan. Memiliki rekening bank ganda juga dapat membantu mempermudah Anda dalam merencanakan keuangan. Ada baiknya untuk memisahkan rekening tabungan dari rekening penghasilan. Tidak ada salahnya untuk membuka peluang kerja sambilan untuk menambah pemasukan. Namun, sebisa mungkin Anda mengontrol pengeluaran agar tidak ikut meningkat.

Demikianlah beberapa tips perencanaan keuangan yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan menyusun perencanaan yang tepat, tentunya Anda dapat meningkatkan taraf hidup dan bahkan menyelamatkan masa depan keluarga. Yuk, mulai rencanakan keuangan Anda sejak sekarang.